Dasar-Dasar Audit Investigasi (MOOC)

Dasar-Dasar Audit Investigasi (MOOC)

Tinjauan MOOC Fraud Prevention dan Dasar-dasar Audit Investigasi ini diselenggarakan untuk mengisi " cross competence " GIA Corpu pada kompetensi Fraud Prevention. Materi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang dasar-dasar investigasi audit dan pencegahan penipuan. Seluruh Pegawai BPKP diwajibkan mengikuti MOOC ini, termasuk para pejabat struktural dan fungsional, baik yang pernah bertugas di bidang investigasi maupun yang belum. Penyelenggaraan dibagi dalam beberapa angkatan, angkatan 1 untuk eselon 3, koordinator pengawas dan para auditor madya. gelombang 2 akan diikuti oleh seluruh eselon 4, auditor muda, dan widyaiswara, serta gelombang 3 akan diikuti oleh auditor ahli pertama dan auditor terampil.

Untuk dapat diikuti oleh setiap pegawai MOOC ini didesain sebagai berikut :

  • MOOC sepenuhnya berbasis elektronik sehingga dapat diikuti dari manapun peserta berada, sepanjang ada koneksi internet.
  • MOOC dapat menampung jumlah peserta yang masif, per batch akan diikuti sekurang-kurangnya 1000 peserta.
  • Metode diskusi dalam MOOC menggunakan Forum Diskusi, dimana pertanyaan dari peserta dapat direspon oleh pengajar dan peserta lain dalam waktu yang berbeda ( asynchronous ). Dengan demikian diharapkan kesibukan rutin para pegawai BPKP tidak terganggu oleh kegiatan MOOC, karena  MOOC  dapat dilakukan pada waktu luang.
  • Sertifikat mengikuti MOOC dihasilkan secara otomatis oleh sistem bagi peserta dengan nilai  posttest  diatas  passing grade  (nilai 70). Sertifikat ini dapat digunakan untuk mendapatkan angka kredit pengembangan profesi sebanyak 50 JP.